بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Posted: 23-08-2016
Dalam bisnis, persaingan adalah hal yang wajar. Berbagai pengusaha dengan bisnis yang berbeda – beda berusaha untuk menarik pelanggan agar mendapat keuntungan yang besar.
Dengan banyaknya pengusaha, banyak pula produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Hasilnya persaingan dalam dunia bisnis menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat ini terkadang menciptakan persaingan yang kurang sehat. Monopoli pasar dan kompetisi dilakukan dengan cara – cara yang tidak sehat. Sehingga dapat menghancurkan kondisi pasar yang tidak baik. Salah satu cara untuk merusak kondisi pasar adalah dengan menawarkan harga yang sangat rendah sehingga harga menjadi tidak stabil.
Teknik ini dikenal dengan teknik jual-rugi atau menjual dengan harga dibawah harga produksi. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen. Memang hal ini akan menguntungkan pelanggan. Pelanggan bisa mendapat harga yang jauh lebih murah. Namun teknik ini akan mematikan bisnis perusahaan pesaing. Harga di pasaran pun menjadi tidak stabil.
Di sisi lain, persaingan di dunia bisnis baik untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas pebisnis. Selama persaingan yang dilakukan sehat. Pebisnis akan berlomba – lomba untuk menghasilkan karya yang lebih baik. Berikut ini kiat – kiat agar bisa sukses dalam menjalankan usaha dengan persaingan yang sehat.
Unik dan inovatif
Bersaing secara sehat bukanlah sekedar dari segi harga kompetitif saja. Tetapi juga dari inovasi. Inovasi akan menghasilkan produk baru yang unik. Produk baru yang unik dapat bersaing di pasaran. Tidak hanya unik, tetapi juga harus berkualitas. Gali lagi hal – hal yang dapat anda kembangkan. Fokuslah pada suatu barang dan jasa. Lakukan modifikasi yang positif terhadap barang tersebut.
Inovasi untuk produk bisa saja dari segi bentuk, ukuran, rasa, fungsional, dan sebagainya. Sebenarnya banyak peluang yang bisa anda kembangkan lagi. Semakin anda kreatif, semakin berkembang usaha anda. Jangan cepat merasa puas dalam menghasilkan produk yang bagus.
Tepat sasaran
Menentukan target pasar yang jelas adalah hal yang harus anda lakukan sebelum memulai usaha. Target pasar akan menentukan strategi promosi, harga, dan lokasi. Tetapkan target pasar secara jelas. Kemudian rencanakan strategi promosi,harga, dan pilihlah lokasi yang tepat.
Menarik Konsumen Dengan Pemasaran Yang Unik
Kreatifitas dalam pemasaran bisa mengahasilkan teknik yang unik, yang di harapkan menarik perhatian konsumen dan ahirnya memutuskan untuk membeli produk anda. Ketika kita berhadapan dengan kerumunan orang yang berbaju putih semua terasa biasa, tetapi apa yang terjadi jika di antara kerumunan orang berbaju putih itu ada satu orang yang berbaju merah ??? Perhatian kita pasti akan tertuju pada orang yang berbaju merah tersebut.
Dalam dunia marketing atau pemasaran, prinsip seperti itu bisa digunakan untuk memikat calon konsumen, ketika banyak pelaku usaha mengenalkan produk dengan cara beriklan di berbagai media, orang melihat nya sebagai hal yang biasa, namun ketika ada orang yang memasarkan produk dengan cara yang berbeda, orang akan merasakan hal yang istimewa. Selanjut nya di benak calon konsumen tersebut akan muncul rasa ke ingin tahuan hingga ahirnya ia membeli produk tersebut.
Dalam dunia marketing cara apapun yang di pilih tidak menjadi soal, yang penting cara itu tidak merugikan orang lain dan memberi efek positif pada penjualan produknya. Kreatifitas dalam marketing juga harus tidak melanggar etika. berikut cara marketing unik yang pernah di lakukan pengusaha untuk mendongkrak penjualan produk nya:
1. Memilih Akrab Media Sosial
Untuk menjual produk melalui reseller pemilik kerupuk pedas maicih memilir reseller yang akrab dengan Facebook, Twitter dan media sosial lain nya. Selain itu dia rela mendapat profit sedikit supaya reseller mendapat laba, Cara tersebut di rasa bermanfaat sehingga banyak yang berebut untuk menjadi reseller.
2. Membuat Kemasan Unik
Bagi sebuah produk, terutama makanan atau barang retail lain nya, kemasan merupakan faktor penting untuk membuat pelanggan melirik produk nya. kemasan juga penting untuk mempresentasikan produk tersebut dengan jelas, jangan sampai kemasan untuk juice tapi malah dikira kotak tisu dan sebaliknya. se kreatif apapun desain nya bila pesan yang di sampaikan kepada pelanggan tidak muncul dalam kemasan tersebut, maka pecuma saja.
3. Membuat Brosur Unik
Brosur tidak harus berupa selembaran kertas dengan informasi produk di kedua sisinya. Brosur bisa berbentuk tabloid atau bahkan mirip dengan undangan pernikahan. isinya tidak hanya tentang produk tetapi berbagai hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Alamat dan nomor telefon, email dan website perlu di cantumkan didalam nya, kalau perlu denah peta menuju toko atau kantor di cantumkan pula.
Sekedar mengingatkan, pemasaran adalah kegiatan untuk mendapatkan pasar, kegiatan itu di tujukan untuk menarikcalon konsumen untuk mengenali produk atau layanan yang di tawarkan, selanjut nya mereka mau mencoba dan membeli karena puas terhadap produk atau layanan yang telah mereka beli, dan memberi tahu orang-orang di sekitar nya soal kepuasan yang mereka rasakan.
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
ٱلْعَٰلَمِين
0 komentar:
Posting Komentar