SOLUSI CERDAS PUTRA - PUTRI ANDA UNTUK MENGGAPAI CITA - CITA

Minggu, 19 Juni 2016

KUASAI 2 TEKNIK INI UNTUK SOAL BAHASA INGGRIS SBMPTN

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted : 19-06-2016
“Kalau mau sukses tes bahasa Inggris, harus ngerti banyak kosa kata, lho!”
Quipperian, pernah mendengar kalimat itu? Banyak kawan pelajar atau mahasiswa terperangkap dalam metode menghapal kosakata karena ingin lolos berbagai tes kompetensi bahasa Inggris. Padahal,setiap orang memiliki kemampuan mengingat yang berbeda. Memiliki kosakata yang luas memang penting namun bukan yang terpenting! Hmm, maksudnya?
Jadi, basically, keterampilan berbahasa terbagi menjadi 2 (dua) yaitu produktif/aktif dan reseptif/pasif. Keterampilan produktif mencakup berbicara dan menulis. Kalo keterampilan mendengarkan dan membaca termasuk ke dalam reseptif.
Nah, apa hubungannya sih dengan muatan bahasa Inggris SBMPTN? Bukannya yang paling penting itu terbiasa dengan model soal-soal dan banyak latihan? Begini loh, logikanya, kalau kita mau sukses secara cepat dan menempuh cara-cara instan, maka kemampuan yang melekat pada diri kita juga akan cepat luntur. Tapi, kalau kita rela berproses, maka keterampilan itu akan melebur dengan kompetensi kita untuk jangka waktu lama. Sisihkan dulu cara-cara menghapal. Yuk, kita mulai dengan strategi baru, bermain logika bahasa!

Tipe Soal Bahasa Inggris SBMPTN
Diskusi kita kali ini, fokusnya adalah mencermati tipe-tipe soal bahasa Inggris yang sering muncul di SBMPTN. Bicara tentang tipe atau jenis, berarti kita akan mengamati ciri-ciri atau karakteristik dari soal-soaltersebut. Seperti apa sih bentuk pertanyaan yang sering muncul? Instruksi macam apa sih yang cenderung keluar dari tahun ke tahun? Nah, setelah jelas, kita akan ungkap bersama jenis keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjawab jenis soal tertentu.
Coba Quipperian bayangkan, ibaratnya kita mau perang, apa kita mau bertarung dengan tangan kosong dan mati konyol? Tidak, bukan? Harus ada persiapan dulu tentunya. Nah, pernah dengar istilah ‘knowing is half of the battle? Tahu medan adalah separuh dari sebuah pertempuran! Dalam konteks diskusi kita, tahu tipe soal adalah separuh dari strategi sukses SBMPTN.
Muatan tes kemampuan bahasa Inggris cenderungberupa reading comprehension atau pemahaman bacaan. Jadi, yang akan kita kupas adalah salah satu dari keterampilan reseptif (dari kata receptive yang berarti menerima atau memahami) yaitu membaca. Tipe soal biasanya terbagi atas 2 (dua) macam: pertanyaan bacaan yang bersifat umum dan khusus/ spesifik. Yuk, lihat pembahasannya.
  1. Pertanyaan Umum
Ciri-ciri pertanyaan yang bersifat umum adalah:
  • Merujuk pada aspek umum sebuah bacaan. Artinya, pertayaan yang menanyakan tentang seluk beluk bacaan seperti:
    • topik
    • tujuan
    • pesan
    • sudut pandang penulis
    • kerangka bacaan
    • pemberian judul yang tepat untuk teks, dll.
  • Pertanyaan umum biasanya mendorong pembaca untuk memberikan sebuah kesimpulan misalnya cakupan bacaan tentang apa saja
Contoh soal-soalnya antara lain adalah:
  • What is the topic of the text?
  • What is the text about?
  • What is the purpose of the text?
  • The organization of the text is ….
  • The passage implies that ….
  • What is the author’s view on ….?
  • The author’s view is ….
  • The text/ passage/ paragraph tells about the following, except ….

2. Pertanyaan Khusus/ Spesifik
Ciri-ciri jenis pertanyaan yang bersifat khusus/spesifik ini akan menguji kemampuan pembaca untuk menemukan informasi tertentu yang bersifat detail, misalnya:
  • identitas, kurun waktu, lokasi, dan informasi tertentu lainnya
  • memahami kosa kata dari konteks kalimat tertentu (word meaning)
  • menemukan rujukan dari kosa kata tertentu (referring)
  • memahami maksud frasa atau kalimat tertentu (inferring)
Contoh soal-soalnya meliputi:
  • Which of the following is true according to the text?
  • Which of the following is relevant to the passage?
  • It can be inferred from paragraph …, line … that ….
  • Which lines tell/ show about ….
  • Compare the two paragraphs and find the similarity/ differences
  • What does ‘it’ in paragraph … line … refer to?
  • The closest word in meaning with … is ….
Catatan:
  • Perhatikan bagian yang diberi garis bawah pada contoh soal-soal di atas
  • Kata atau frasa yang diberi garis bawah adalah kunci instruksi bacaan
  • Pertanyaan ini akan membiasakan kamu untuk mengenali kunci instruksi bacaan, kamu bisa hemat waktu mengerjakan soal, lho!

Reading Skills untuk Menghadapi SBMPTN
Keterampilan membaca atau reading skills itu ada beberapa poin. Namun, yang paling mendasar adalahskimming dan scanning.
  • Skimming: jurus jitu hadapi pertanyaan umum
Skimming adalah keterampilan membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang sebuah teks. Gampangnya, ini adalah teknik membaca urut dengan cepat. Apa yang harus dilakukan saat menggunakan keterampilan skimming? Berikut tipsnya:
  • Bacalah paragraf awal secara lengkap; paragraf pertama biasanya mengandung informasi tentang topik bacaan dan informasi penting lainnya
  • Baca kalimat pertama saja pada tiap-tiap paragraf berikutnya
  • Baca paragraf terakhir dengan tuntas dan perhatikan hal-hal yang menjadi penekanan baik itu berupa kesimpulan atau penutup
  • Perhatikan kata-kata yang mendapat perlakuan khusus: miring (italic), cetak tebal (bold), garis bawah (underline) karena biasanya penting
  • Perhatikan angka atau data statistik apabila ada untuk memperkuat pemahaman umum terhadap bacaan

  • Scanning: bergerak lincah untuk menjawab tipe pertanyaan khusus/ spesifik
Nah, berbeda dari membaca cepat, gerakan scanning ini mengarah pada informasi tertentu saja tanpa harus memahami keseluruhan bacaan. Bisa dibilang, ini adalah teknik membaca loncat. Arahkan fokus kita hanya pada detil khusus yang harus dicari sesuai instruksi soal. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pahami instruksi soal
  • Ingatlah secara spesifik apa yang harus dicari
  • Biasanya, scanning dipakai untuk menjawab informasi detil tentang: who, what, when, where, how
  • Gunakan kata kunci untuk membantu mencari informasi yang diinstruksikan, misalnya:

Who is the inventor of light bulb?
Kata kuncinya adalah inventor.
Informasi yang harus dicari dengan teknik scanning adalah identitas inventoryang bersangkutan.

  • Apabila terdapat petunjuk paragraf dan baris, cari posisinya
  • Baca kata/frasa/kalimat terdekat dengan informasi yang dicari, untuk membantu pemahaman lebih lanjut

Nah, sekarang sudah punya dua senjata di tangan kalian, kan? Penggunaan teknik membaca skimming danscanning ini tidak terbatas untuk menghadapi SBMPTN saja. Soal-soal reading comprehension pada tes kompetensi bahasa Inggris lainnya juga sering menguji keterampilan ini, seperti TOEFL dan IELTS. Nggak rugi kan menguasai teknik tersebut?
Tapi, apa cukup menguasai skimming dan scanning saja? Beberapa teknik membaca lainnya yang nggak kalah seru adalah membaca kritis dan membaca analitis. Wow, apa lagi, tuh? Sabar yah, tunggu di pembahasan berikutnya dan ingat selalu pepatah ini:

“Learning is a treasure that will follow its owner everywhere”
(Chinese Proverbs)

Harta karun yang akan mengikuti pemiliknya kemanapun ia pergi adalah ‘proses belajar’. See you next time and wish you all the best!
Penulis: Rosalia Yeti

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

0 komentar:

Posting Komentar